Senin, 11 Juni 2012

Denny Sakrie: Mirip dan Jiplak Itu Beda

Kapanlagi.com - Belakangan ini girlband Cherry Belle sedang hangat jadi bahan pembicaraan. Diduga, mereka menjiplak lagu karena Brand New Day terdengar serupa lagu Pop Star dari Ken Hirai. Viktor dari manajemen Cherry Belle sampai sekarang belum bisa dihubungi. Namun di mata pengamat musik Denny Sakrie, kemiripan dan penjiplakan itu berbeda. Menurutnya kemiripan lagu dapat saja terjadi karena tangga nada hanya ada 8.
"Nada kan itu aja. Tapi kebanyakan orang di balik, mirip, kebetulan itu yang membuat. Sedangkan kalo jiplak itu jika mutlak nilai notasi, melodinya sama atau bagian esensi dari musik itu. Menurut ketentuan undang-undang tolerir mirip sampai 8 bar. Namun itu dulu, karena sekarang pun hanya 2 bar mirip dapat dikatakan penjiplakan," urainya.
Saat dihubungi KapanLagi.com®Denny menjelaskan kemiripan dalam lagu lumrah terjadi. Semisal terjadi pada penyanyi Chrisye dan sempat dipertanyakan. Namun bila sudah begini bukan penyanyi yang disalahkan, melainkan si pencipta.
"Saya sendiri belum dengar lagu itu. Penyanyi kan hanya membawakan lagu. Jadi yang mesti dimintai tanggung jawab komposer lagu itu," jelasnya, Minggu (10/6) malam. (kpl/dis/rea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar